Prinsip – Prinsip Supaya Lebih Inovatif
Ketika membahas tentang inovasi, mendiang CEO Apple,
Steve Jobs adalah legendanya. Slogan perusahaannya, “Berpikir Berbeda”, lebih dari sekadar alat pemasaran, melainkan
suatu cara hidup sebuah pendekatan yang kuat, positif, dan mengubah aturan
terhadap inovasi yang dapat diaplikasikan oleh setiap orang dalam semua bidang.
Produk dan jasa yang telah dihasilkan oleh Steve Jobs
adalah produk dan jasa yang sangat memahami kebutuhan konsumennya, trendi,
mudah digunakan, dan laku keras! Dari mulai komputer desktop (iMac), laptop (Macbook Air), ponsel (iPhone),
pemutar MP3 (iPod), komputer tablet (iPad), dan juga toko retail yang menjual
music (Apple Music Store). Produk dan
jasa ini akhirnya memimpin pasar dan membuat produsen lain hanya bisa jadi
pengekornya. Itulah kehebatan Steve Jobs dalam menciptakan ulang produk dan
jasa andalan.
Dengan
mengikuti contoh visioner dari Steve Jobs, Anda akan menemukan cara-cara baru
yang menarik untuk membuka kunci potensi kreatif Anda dan memupuk lingkungan
yang mendorong inovasi dan mengizinkan inovasi tersebut berkembang. Anda akan
belajar cara menyesuaikan dan mengalahkan :
·
Pesaing yang paling kuat
·
Mengembangkan produk yang paling revolusioner
·
Menarik konsumen yang paling setia
·
dan bertahan di masa-masa yang paling menyulitkan.
Berikut
ini adalah Tujuh Prinsip Inovasi yang terinspirasi dari Sang Master sendiri.
Tujuh prinsip ini akan mendorong Anda berpikir berbeda hingga mampu menjadi
seorang Inovator.
Prinsip 1: “Lakukan Apa yang Anda Cintai”. Seumur hidupnya, Steve Jobs telah mengikuti kata
hatinya, dan hal itu, katanya, telah membuat perbedaan besar.
Prinsip 2: “Tinggalkan Jejak di Alam Semesta”. Jobs memikat orang-orang yang berpikir seperti dirinya, yang berbagi visi dengannya, yang membantu mewujudkan ide-idenya menjadi inovasi-inovasi yang mengubah dunia.
Prinsip 2: “Tinggalkan Jejak di Alam Semesta”. Jobs memikat orang-orang yang berpikir seperti dirinya, yang berbagi visi dengannya, yang membantu mewujudkan ide-idenya menjadi inovasi-inovasi yang mengubah dunia.
Prinsip 3: “Nyalakan Otak Anda”. Inovasi tidak dapat terwujud tanpa kreativitas, dan bagi Steve Jobs,
kreativitas adalah wujud dari terhubungnya banyak hal. Jobs percaya bahwa
seperangkat pengalaman yang lengkap dapat memperluas pemahaman kita terhadap
pengalaman manusia.
Prinsip 4: “Juallah Mimpi, Bukan Produk”. Bagi Jobs, orang-orang yang membeli produk Apple
bukanlah “konsumen”. Mereka adalah orang-orang yang memiliki mimpi, harapan,
dan ambisi. Jobs menciptakan produk-produk untuk membantu mereka mewujudkan
mimpi mereka.
Prinsip 5: “Katakan Tidak terhadap 1.000 Benda”. Kesederhanaan adalah kecanggihan yang utama, Dari
desain iPod sampai iPhone, dari kemasan produk-produk Apple sampai
fungsionalitas situs Apple, inovasi berarti menghapuskan yang tidak penting
sehingga yang penting dapat berbicara.
Prinsip 6: “Ciptakan Pengalaman yang Benar-benar Mencengangkan”. Jobs telah menciptakan Apple Store sebagai standar
emas dalam pelayanan pelanggan. Apple Store telah menjadi peritel terbaik di
dunia. Tempat itu memperkenalkan inovasi-inovasi sederhana yang dapat diadopsi
oleh bisnis lain untuk membuat hubungan yang mendalam dan abadi dengan para
pelanggannya.
Prinsip 7: “Kuasai Pesan Anda”. Jobs adalah pendongeng unggul perusahaan, yang mengubah peluncuran
produk menjadi suatu karya seni. Anda dapat memiliki ide paling inovatif di
dunia, tetapi jika Anda tidak dapat membuat orang lain bersemangat mengenai hal
itu, maka inovasi Anda tidak berarti.
0 Komentar