Sumber Penerapan Sikap Inovatif
Dorongan untuk berinovasi merupakan alat
spesifik bagi seorang Inovator. Oleh karena itu, Seorang Inovator harus
memahami dan dapat mengembangkan
inovasi-inovasi sebagai elemen utama dalam strategi bisnis.
Prakteknya di dalam dunia bisnis, sebagian besar
gagasan inovasi muncul lewat analisis metodologi peluang-peluang
yang ada, baik yang terdapat di dalam, maupun di luar perusahaan (F.Drucker).
Peluang-peluang tersebut dapat berupa
peristiwa-peristiwa yang tidak diharapkan, keganjilan, kebutuhan proses,
perubahan industri, perubahan demografis, perubahan persepsi, dan adanya
pengetahuan baru.
Tahap-tahap inovasi dapat dikelompokkan menjadi dua
fase:
a. Penciptaan
inovasi
Adalah kreasi gagasan dan pemecahan
masalah bagi produk atau solusi produk.
b. Adopsi
inovasi
Adalah akuisisi atau implementasi inovasi
yang menjadikan sumber peluang dari inovasi itu.
Berikut ini ada beberapa hal yang menjadi
sumber penerapan kemampuan inovasi (Howel dan Heggins,1990) sebagai berikut:
a. Kejadian yang tidak diharapkan
Ada dua hal yang sering muncul dalam usaha, yaitu
kesuksesan dan kegagalan yang lahir begitu saja tanpa pernah diantisipasi dan diramalkan
sebelumnya, kegagalan biasanya tidak diharapkan, akan tetapi hal ini sama pentingnya
karena bisnis sering mengabaikannya, bahkan membencinya. Kegagalan ini
sebenarnya dapat menjadi sumber peluang
inovasi. Hal inilah yang akan menjadi dasar kuat bagi perusahaan.
Contohnya: Aqua keberhasilannya tidak pernah diduga banyak orang, bahkan mula-mula
diawali dengan adanya cemoohan.
b. Ketidakharmonisan
Peristiwa-peristiwa yang tidak diharapkan
dapat menjadi sumber peluang yang mudah dan disederhanakan. Hal ini bisa terjadi karena ada jurang
pemisah antara yang diharapkan dengan yang sebenarnya terjadi.
c. Proses sesuai dengan kebutuhan
Hal ini dapat terjadi jika permintaan
khusus dari analisa pasar untuk menciptakan
inovasi tertentu, karena ada kebutuhan khusus. Contohnya: Perusahaan
minyak goreng tanpa kalesterol tinggi
berdasarkan kebutuhan khusus.
d. Perubahan pada industri dan pasar
Industri selalu berkembang berdasarkan
perkembangan pasar yang selalu berubah-ubah secara struktural, desain, dan
definisi. Di sini seorang inovator harus peka mengantisipasi untuk
menarik kesempatan yang akan muncul.
Contohnya: Dengan meningkatkan kesadaran
masyarakat terhadap produk-produk yang ramah terhadap lingkungan, akan terlahirlah kertas, plastik, dan sampah yang
didaur ulang.
e. Perubahan demografi
Perubahan demografis merupakan salah satu
sumber peluang inovasi yang paling handal.
Di sini inovasi akan muncul karena adanya perubahan
pada masyarakat tentang jumlah penduduk, umur, pengetahuan, pendidikan, pekerjaan,
lokasi geografis, dan faktor-faktor lainnya.
f.
Perubahan
persepsi
Adanya sumber peluang inovasi, berbagai rupa keganjilan, dapat
menjadi sumber peluang inovasi. Di
sini inovasi akan muncul karena adanya
perubahan interpretasi yang terjadi di masyarakat akan fakta-fakta yang ada dan
konsep yang berlaku. Contohnya: Bermunculannya
pusat-pusat kebugaran jasmani ( fitness center) dan aerobik di kota-kota besar.
g. Konsep pengetahuan dasar
Pengetahuan baru, apakah itu pengetahuan
ilmiah, teknis atau sosial merupakan sumber peluang yang paling produktif. Di
sini ada beberapa prinsip yang mendasari kreasi dan inovasi, serta Invensi.
Invensi merupakan salah satu konsep
pengetahuan dasar karena adanya produk dari hasil pemikiran baru. Contohnya: industri, video, dan robot.
Rasa ingin tahu menurut Schon (1963),
servo (1988), yang dimiliki seorang Wirausaha akan mendorong untuk melakukan
penelitian dan percobaan. Seorang inovator sering menemukan sesuatu yang baru.
Hal ini disebut inovasi. Konsepsi penemuan dan pemanfaatan adalah
elemen-elemen yang ada di dalam inovasi. Inovasi hampir selalu melibatkan pertarungan antara banyak
orang dan dibutuhkan stamina serta kepercayaan diri yang tinggi untuk dapat
menjadi pemenang.
Inovasi telah dikenal sebagai salah satu
fungsi penting di dalam proses kewirausahaan.
Inovasi merupakan suatu proses
mengubah peluang menjadi gagasan yang dapat diperjualbelikan.
0 Komentar